Pesona Keindahan Delleng Simpon

Pesona Keindahan Delleng Simpon

Delleng Simpon

Delleng dalam bahasa Pakpak artinya Gunung. Delleng Simpon adalah puncak gunung tertinggi yang ada di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, tepatnya di desa Ulumerah Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dengan jarak sekitar 19 km dari kota Salak dan 10 km dari desa Ulumerah.

Delleng Simpon Terletak di sebelah selatan yang merupakan pembatas antara Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan. Delleng Simpon memiliki daya tarik wisata alam yang indah. Tempat ini telah lama menjadi objek tujuan wisata lokal masyarakat setempat dan masyarakat dari luar daerah.

Dari puncak kita dapat menyaksikan matahari terbit, memandang hamparan alam yang sangat indah. Dari puncak ini akan terlihat wilayah aceh, laut singkil, humbang hasundutan, dairi, bahkan wilayah Kabupaten Samosir.
Potensi objek wisata tersebut selain menyaksikan keindahan alam dari ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, juga ada satu objek yang menarik lainnya pada lokasi tersebut yaitu mata air Berru Tinambunan "Eluh Berru Tinambunen"yang tidak pernah kering sampai saat ini walaupun dalam musim kemarau.

Konon ceritanya mata air tersebut adalah berasal dari seorang wanita bernama Berru Tinambunan yang menangis karena tidak ingin dinikahkan dan melarikan diri ke tempat tersebut. Tangisan yang tidak berhenti tersebut lama-kelamaan menjadi mata air yang diberi nama Eluh Berru Tinambunan. Bagi siapa yang berkunjung ke sana juga disarankan mencuci muka pada mata air itu sebagai bagian dari penghargaan akan adat-istiadat di lokasi tersebut.
Di kaki Delleng Simpon terdapat tapal batas antara kabupaten Humbahas dan Pakpak Bharat. Sampai saat ini masih ada masalah perbedaan yang sangat kontras pada kualitas infrastruktur jalan di perbatasan antara kedua Kabupaten.
Pada ruas yang menuju Kabupaten Pakpak Bharat ruas jalan sangat mulus dan lebar sementara yang menuju ke Kabupaten Humbang Hasundutan sangat jelek dan masih dalam ukuran yang hanya bisa dilewati satu mobil.
Diperkirakan setelah jalan antara Pakpak Bharat dan Humbahas tembus, maka objek wisata delleng Simpon semakin berpotensi menjadi wisata unggulan Kabupaten Pakpak Bharat.

Saat ini, Jalan dari desa Ulumerah ke Delleng Simpon telah diperbaiki oleh pemerintah setempat sehingga orang yang mau berwisata ke sana tidak perlu memikirkan nya lagi karena jalan tersebut sudah mulus.

Sekian dulu artikel saya mengenai pesona keindahan Delleng Simpon. Jika ada kekurangan mohon tinggalkan komentar. Sekian dan terima kasih

0 Response to "Pesona Keindahan Delleng Simpon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel