Perbedaan Artikel dengan Berita

Perbedaan Artikel dengan Berita - Artike apa berita? Saat membaca sebuah tulisan apakah kalian bisa membedakan itu artikel apa berita? Bagi kalian yang sering membaca ya pasti mudah membedakannya. Tapi bagi siswa yang malas membaca ketika ada tugas dari sekolah atau jika sedang ditanya guru di kelas ya pasti agak kebingungan. Nah, untuk membantu kalian saya akan share perbedaan artikel dengan berita.

Perbedaan Artikel dengan Berita

Pengertian artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, atau internet dan bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Sedangkan berita adalah informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Lalu, apa perbedaan antara berita dengan artikel? Berikut ini akan dibahas
Perbedaan Berita dengan Artikel :

1. Berita mengimformasikan suatu peristiwa yang aktual sedangkan artikel mengimformasikan suatu kejadian yang faktual. Aktual artinya Terkini dan Faktual artinya Nyata
2. Berita tidak disertai analisis tentang informasinya, sedangkan artikel disertai dengan analisis tentang informasinya.
3. Berita dibuat oleh redaksi (pengelola media) sedangkan artikel dibuat oleh ahli pada bidangnya atau pemerhati masalah.
4. Berita memenuhi konsep 5W + 1H sedangkan artikel memenuhi konsep 2W + H (What, Why, dan How)
5. Dalam berita, how hanya menjelaskan proses kejadian sedangkan artikel bukan hanya proses kejadian tetapi mengemukakan solusi untuk permasalahan yang dibahas.

Demikianlah Pelajaran Bahasa Indonesia pada hari ini tentang Perbedaan Berita dengan Artikel dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Artikel dengan Berita"

Post a Comment