Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam

Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam (ESDM) - Sumber daya alam adalah sumber daya yang terkandung dalam bumi, air, dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia. Seperti yang kita ketahui kebutuhan manusia itu tidak terbatas namun alat pemuas kebutuhannya terbatas. Nah, itulah yang menjadi inti permasalahannya. Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya yang terbatas itu dengan efektif?

Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam


Masalah sumber daya timbul karena adanya ketidakseimbangan antara sumber daya yang tersedia dengan kebutuhan manusia yang terus meningkat. Ada empat masalah yang berkaitan dengan keberadaan sumber daya, yaitu masalah kependudukan dengan lingkungan hidup, masalah produktivitas lahan dan manusia, masalah kualitas lingkungan dan masalah penyebaran sumber daya. Hukum kelangkaan merupakan landasan fundamental bagi keberadaan ekonomi sumber daya manusia dan ekonomi sumber daya alam.

A. Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam

Pengertian sumber daya alam sesuai dengan Pasal 33 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 adalah: ‘bumi, air, udara, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”.

Dalam literatur ekonomi sumber daya, pengertian atau konsep sumber daya didefinisikan cukup beragam. Ensiklopedia Webster misalnya mendefinisikan sumbe rdaya antara lain sebagai: kemampuan untuk memenuhi atau menangani sesuatu, sumber persediaan, penunjang atau bantuan, serta sarana yang dihasilkan oleh kemampuan atau pikiran manusia.
Dalam pengertian umum, sumber daya didefinisikan sebagai sesuatu yang dipandang memiliki nilai ekonomi. Dapat juga dikatakan bahwa sumber daya adalah komponen dari ekosistem yang menyediakan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia. 

Ekonomi sumber daya alam berkaitan dengan pasokan, permintaan, dan alokasi sumber daya alam bumi. Salah satu tujuan utama dari ekonomi sumber daya alam adalah untuk lebih memahami peran sumber daya alam dalam perekonomian dalam rangka mengembangkan metode yang lebih berkelanjutan dalam mengelola sumber daya tersebut guna memastikan ketersediaannya untuk generasi mendatang.

Ilmu ekonomi sumber daya alam dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari pengalokasian sumber alam seperti air, lahan, ikan, hutan. Secara eksplisit ilmu ini mencari jawaban seberapa besar sumber daya harus diekstraksi sehingga menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

B. Pengelompokan Sumber Daya Alam

1. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya
a). Sumber daya alam hayati/biotic 
Sumber daya alam yang berasal dari makhuk hidup, contohnya: tumbuhan, hewan, dll 
b). Sumber daya alam non hayati/abiotik
Sumber daya alam yang berasal dari benda mati, contohnya: bahan tambang, udara, air, batuan, dll. 

2. Sumber daya alam berdasarkan sifat perubahannya
a). Sumber daya alam yang dapat diperbaharui 
Sumber daya alam yang dapat dipergunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan, contohnya: tumbuh-tumbuhan, hewan, hutan, dll 
b). Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui 
Sumber daya alam yang tidak adapat didaur ulang yang hanya bias digunakan hanya sekali saja dan tidak dapat dilestarikan dan dapat punah atau habis, contohnya: minyak bumi, batu bara, timah, gas alam, dll 
c). Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya 
Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis meskipun digunakan setiap hari, contohnya: cahaya mata hari, udara, dll 

3. Sumber daya alam berdasarkan kegunaanya
a). Sumber daya alam penghasil bahan baku 
Sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi, contohnya: hasil pertanian, hasil hutan, bahan tambang, dll 
b). Sumber daya alam penghasil eneagi 
Sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi, contohnya: ombak, panas bumi, minyak bumi, dll


Demikian pembahasan mengenai pengertian ekonomi sumber daya alam dan pengelompokan sumber daya alam, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

http://andam-amaranthi.blogspot.co.id/2012/10/ekonomi-sumber-daya-alam.html
http://forzanapoli777.blogspot.co.id/2015/10/ekonomi-sumber-daya-alam-dan-lingkungan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ekonomi Sumber Daya Alam "

Post a Comment