Klasifikasi Bahasa dalam Studi Linguistik

Klasifikasi Bahasa dalam Studi Linguistik - Pada pelajaran bahasa indonesia kali ini, saya akan memberikan penjelasan singkat tentang klasifikasi bahasa dalam studi linguistik. Saya akan mengulas dasarnya saja seperti pengertian dan sedikit penjelasan lainnya.

Klasifikasi Bahasa dalam Studi Linguistik

Linguistik adalah ilmu bahasa , atau telaah ilmiah mengenai bahasa manusia. Linguistik juga sering disebut lingistik umum (general linguistics) karena linguistik tidak hanya mengkaji sebuah bahasa saja (seperti bahasa jawa), melainkan mengkaji bahasa pada umumnya. 
Linguistik umum adalah linguistik yang mempelajari : kaidah-kaidah bahasa secara umum, bukan bahasa tertentu. Kaidah-kaidah khusus / spesifik mempelajari bahasa arab/bahasa sunda. Kajian khusus ini juga bisa dilakukan terhadap satu rumpun / subrumpun bahasa misal rumpun bahasa austronesia, atau subrumpun indo-german.

1. Fonologi
Fonologi ialah bagian dari ilmu bahasa yang mempelajari tata bunyi/kaidah bunyi dan cara menghasilkannya. Bunyi bahasa adalah bunyi yang dibentuk oleh tiga faktor, yaitu pernafasan (sebagai sumber tenaga), alat ucap (yang menimbulkan getaran), dan rongga pengubah getaran (pita suara). 

Fonologi dibedakan menjadi, fonetik dan fonemik. Fonetik atau fonetika adalah bagian ilmu dalam linguistik yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa yang diproduksi oleh manusia tanpa melihat fungsi bunyi itu sebagai pembeda makna dalam suatu bahasa (langue). Sedangkan Fonemik adalah kajian atau analisa bunyi bahasa dengan memperhatikan statusnya sebagai pembeda makna. Bunyi bahasa yang diucapkan oleh manusia akan memiliki pembeda makna pada setiap bunyi bahasanya. Objek kajian dari fonemik adalah fonem, berbeda dengan objek kajian fonetik yang mengkaji fon.

2. Morfologi
Morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuan-satuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal. Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik.
Dalam ilmu morfologi, terdapat morfem yaitu bagian terkecil dari sebuah kata.

3. Sintaksis
Sintaksis adalah cabang linguistik yang membahas struktur internal kalimat. Struktur internal kalimat yang dibahas adalah frasa, klausa, dan kalimat. Jadi frasa adalah objek kajian sintaksis terkecil dan kalimat adalah objek kajian sintaksis terbesar.

4. Semantik
Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari makna / arti yang terkandung dalam bahasa, kode, atau jenis lain dari representasi. Dengan kata lain, semantik adalah studi tentang makna.Studi ini membahas tentang kata yang memilki bunyi sama tapi arti berbeda. Misalnya, bank dan bang.

5. Etimologi
Etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal usul suatu kata. Setiap kata mempunyai sejarah dan asal usul. Dengan mempelajari asal usul kata tersebut maka akan semakin mudah memahaminya. Karena penggunaan kata yang berbeda struktur katanya akan mempengaruhi arti, maksud, atau makna bagi orang yang mengucapkan kata tersebut dan mereka yang mendengarnya.


Lihat juga:
Sejarah dan Asal Mula Bahasa Indonesia

Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang klasifikasi bahasa linguistik, lihat artikel terkait di bawah ini:
Fonologi - Bahasa dan Pengajaran
Morfologi - Bahasa dan pengajaran
Sintaksis - Struktur Bahasa Indonesia
Pengertian Semantik dan Contohnya Lengkap
Etimologi - Wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Klasifikasi Bahasa dalam Studi Linguistik"

Post a Comment