Kelangkaan dan Penggolongan Jenis Barang dalam Ekonomi

Jenis - Jenis Barang dan Kelangkaan dalam Ekonomi - Kata kunci materi ini mengenai mengenai: jenis - jenis barang dalam ekonomi, pengertian dan macam - macam jenis barang, alat pemuas kebutuhan dan alat pemenuhan kebutuhan, penggolongan jenis - jenis barang dalam ekonomi, kelangkaan dalam ekonomi, pengertian kelangkaan dan apa apa yang menyebabkan terjadinya kelangkaan.

Kelangkaan dan Penggolongan Jenis - Jenis Barang dalam Ekonomi


Kelangkaan

Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kita.

Faktor - Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi:
1. Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yang ada di alam
Di alam telah banyak tersedia banyak benda yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun karena tidak semua benda tersebut dapat segera diperbaharui , maka jumlahnya pun terbatas. Misalnya minyak bumi dan barang-barang tambang lainnya yang memerlukan waktu beribu-ribu tahun untuk memperbaharuinya.

2. Kerusakan Sumber Daya Alam akibat ulah manusia
Manusia harus berhati-hati menggunakan SDA yang tersedia. Jangan karena kesalahan manusia, sumber daya yang tersedia menjadi rusak. Misalnya penebangan hutan yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan hutan menjadi gundul dan mengakibatkan banjir.

3. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya yang ada
Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah Sumber Daya terjadi karena kekurangan ilmu pengetahuan dan teknologi, modal dan faktor-faktor yang lain.

4. Peningkatan Kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana kebutuhan
Inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan alat atau benda yang jumlahnya terbatas.

Macam - Macam Jenis Barang (Alat Pemuas Kebutuhan)

Barang merupakan salah satu bentuk dari alat pemuas kebutuhan manusia, dimana selain barang kita mengenal alat pemuas kebutuhan itu ada dua yaitu barang dan jasa. Perbedaan barang dengan jasa sangat jelas, kalau barang dapat dilihat dengan mata, dapat dirasakan manfaatnya dan dapat disentuh misalnya makanan dan minuman sedangkan jasa hanya dapat dirasakan manfaatnya misalnya jasa angkutan, jasa hotel, jasa pendidikan dsb.

Barang digolongkan kedalam beberapa jenis, adapaun penggolongan tersebut adalah sebagai berikut.

A. Barang Berdasarkan Cara Memperolehnya
1. Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contohnya, pakaian, alat sekolah, dan sebagainya.
2. Barang bebas merupakan alat kebutuhan manusia yang jumlahnya tidak terbatas. Untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan karena jumlahnya banyak jika dibandingkan kebutuhan manusia. Contohnya, udara di alam terbuka, sinar matahari dan pasir di padang pasir.

B. Barang Berdasarkan Sifat Hubungannya dengan Barang Lain
1. Barang subtitusi merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contohnya, tikar dapat menggantikan karpet.
2. Barang komplementer merupakan barang yang pemanfaatannya harus diikuti dengan pemanfaatan barang lain. Contohnya, motor dapat dimanfaatkan jika menggunakan bensin dan balpoin dapat digunakan jika ada tintanya.

C. Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaannya
1. Barang konsumsi adalah barang yang dapat langsung digunakan untuk keperluan konsumsi. Contohnya, nasi, pakaian jadi, dan buah-buahan.
2. Barang produksi merupakan barang yang memerlukan proses produksi sebelum dapat digunakan. Contohnya, kayu dan benang.

D. Barang Berdasarkan Kegunaannya untuk Jaminan Kredit
1. Barang bergerak merupakan barang yang dapat digunakan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek. Contohnya, Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), perhiasan dan sebagainya.
2. Barang tidak bergerak merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang. Contohnya rumah, tanah, dan gedung.

E. Barang Berdasarkan Proses Produksi
1. Barang mentah adalah barang yang perlu diolah terlebih dahulu agar dapat digunakan. Contohnya, tebu untuk membuat gula, kapas untuk membuat kain, dan sebagainya.
2. Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, namun untuk menggunakannya diperlukan proses produksi lebih lanjut. Contohnya, kain untuk pakaian, tepung untuk membuat kue, dan sebagainya.
3. Barang jadi merupakan barang yang siap pakai, contohnya baju, sepatu, dan sebagainya.

F. Barang Berdasarakan Kualitas Barang
1. Barang superior yaitu, barang yang mempunyai kualitas tinggi dan dapat memberikan martabat kepada pemilik barang tersebut. Misalnya: mobil mewah, rumah mewah, dll.
2. Barang pertengahan yaitu, barang yang mempunyai kualitas tidak terlalu tinggi tidak terlalu rendah (sedang). Misalnya: sembako, tas, baju dengan kualitas sedang.
3. Barang inferior yaitu, barang yang berkualitas rendah. Misalnya: barang bekas, barang murah, dan yang memiliki mutu rendah.

Demikian pembahasan Kelangkaan dan Penggolongan Jenis Barang dalam Ekonomi yang diuraikan dalam blog ini dan semoga memberikan manfaat yang signifikan bagi anda yang sedang mencari refrensi. Tinggalkan pertanyaan / kritik / saran di kolom komentar yang telah disediakan.

Baca juga:
Defenisi dan Macam - Macam Pelaku Ekonomi
Masalah Pokok Ekonomi Klasik dan Modern

Daftar Pustaka

http://ips-web-id.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-kelangkaan-ekonomi-dan.html
http://dianaws12.blogspot.co.id/2015/10/jenis-jenis-barang-dalam-ekonomi.html
http://www.bukupedia.net/2016/07/pengertian-dan-macam-macam-jenis-barang-alat-pemuas-kebutuhan-atau-alat-pemenuhan-kebutuhan-beserta-contohnya.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelangkaan dan Penggolongan Jenis Barang dalam Ekonomi"

Post a Comment