Hambatan Pembangunan Ekonomi

Hambatan Pembangunan Ekonomi - Apa saja yang menyebabkan terhambatnya pembangunan ekonomi di suatu negara? Apa saja faktor - faktor penghambatnya? Ok, kita akan membahasnya di sini.

Hambatan Pembangunan Ekonomi

Hambatan Pembangunan Ekonomi 

1. Lingkaran Setan Kemiskinan
Ragnar Nurkse (dalam Mudrajad Kuncoro, 2006) mengungkapkan bahwa adanya keterbelakangan, ketidaksempurnaan pasar, dan kurangnya modal menjadi penyebab produktivitas rendah sehingga pendapatan yang diterima juga rendah. Rendahnya pendapatan berimplikasi pada rendahnya tabungan dan investasi. Rendahnya tabungan dan investasi ini menyebabkan keterbelakangan. Begitu seterusnya.

Lingkaran Setan Kemiskinan

Nurkse menjelaskan dua lingkaran perangkap kemiskinan dari segi penawaran (supply) dan permintaan (demand). Segi penawaran menjelaskan bahwa tingkat pendapatan masyarakat yang rendah akibat tingkat produktivitas rendah menyebabkan kemampuan masyarakat untuk menabung rendah. Rendahnya kemampuan menabung masyarakat menyebabkan tingkat pembentukan modal (investasi) yang rendah, sehingga terjadi kekurangan modal dan dengan demikian tingkat produktivitas juga akan rendah. Begitu seterusnya. Sedangkan dari segi permintaan menjelaskan di negara-negara yang miskin rangsangan untuk menanamkan modal sangat rendah karena keterbatasan luas pasar untuk berbagai jenis barang. Hal ini disebabkan pendapatan masyarakat yang sangat rendah karena tingkat produktivitasnya yang juga rendah, sebagai akibat dari tingkat pembentukan modal yang terbatas di masa lalu. Pembentukan modal yang terbatas ini disebabkan kekurangan rangsangan untuk menanamkan modal. Begitu seterusnya.

2. Tingkat pembentukan modal yang rendah
Kemiskinan merupakan penyebab sekaligus akibat dari rendahnya tingkat pembentukan modal suatu negara, kebanyakan dari mereka buta huruf dan tidak terdidik, serta menggunakan peralatan yang usang.

3. Hambatan Sosial-Budaya
Sosio-Budaya merupakan salah satu hambatan dari pola pikir masyarakat. Nurkse berpendapat bahwa “Pembangunan ekonomi berkaitan erat dengan sikap sosial, kodisi politik, dan latar belakang sejarah.”

4. Dampak Kekuatan Internasional
Myint, Probish, Singer, Lowis, dan Myrdal berpendapat bahwa “di dalam perekonomian, dunia telah bermain kekuatan-kekuatan yang tidak seimbang, akibatnya keuntungan perdagangan lebih banyak mengalir ke negara-negara kuat.


Baca juga:
Materi I: Ekonomi Pembangunan
Pengertian dan Tujuan Ekonomi Pembangunan

Daftar Pustaka

http://abstraksiekonomi.blogspot.co.id/2014/06/penyebab-kemiskinan-kumpulan-teori.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hambatan Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment