Soal dan Jawaban Prodi Akuntansi (Part 1)

Selamat siang! pada hari ini saya akan membagikan beberapa soal program studi Akuntansi serta jawabannya. Mohon dikoreksi setiap jawaban yang akan saya bahas nanti karena bisa saja saya salah dan apabila soal anda sama persis dengan apa yang saya bahas, mohon jangan dicopy paste 100% jawaban yang saya berikan. Silahkan disunting kembali :D

Latihan Soal Akuntansi dan pembahasan

Soal

  1. Menurut saudara, didalam materi pengertian akuntansi tentang kewajiban, ada pengertian tentang kewajiban kontinjensi. Jelaskan dan berikan contohnya!
  2. Dalam materi "firma" apa saja persyaratan apabila menjadi anggota sekutu firma? dan apa saja proses likuidasi yang harus dilalui?
  3. Apa yang anda ketahui tentang penerbitan saham? dan berikan penjelasan tentang deviden saham!

Jawaban

1. Kewajiban kontinjensi (contingent liabilitiesadalah kewajiban yang bergantung pada terjadinya atau tidak terjadinya satu atau lebih kejadian di masa depan untuk mengkonfirmasi jumlah hutang, pihak yang dibayar, tanggal pembayaran, atau keberadaannya. 
atau kewajiban kontinjensi itu adalah kewajiban yang berkaitan dengan kejadian di masa depan yang tidak pasti, yang mungkin akan menimbulkan suatu keuntungan ataupun kerugian bagi suatu entitas.
Contohnya:
a. Biaya garansi dan Jaminan atas produk yang dijual oleh suatu perusahaan.
b. Hadiah dan kupon yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada pelanggan.

2. Persyaratan apabila menjadi anggota sekutu firma adalah semua anggota memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan dan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian Firma. Apabila bangkrut semua anggota harus bertanggung jawab sampai harta milik pribadi ikut dipertanggungkan.
Proses Likuidasi Perusahaan Firma Terdiri Dari :
a. Pencairan sebagian atau seluruh aktiva menjadi uang kas
b. Penyelesaian dengan kreditor
c. Pembagian sisa aktiva kepada kelompok pemilikan
d. Pencairan aktiva menjadi uang kas disebut realisasi
e. Pembayaran atas klaim disebut likuidasi

3. Penerbitan saham adalah proses penyetoran kekayaan atau uang oleh para investor kepada suatu perusahaan dan para investor berhak atas kekayaan perusahaan sebesar modal yang ditanam.
Penerbitan saham dapat dilakukan dengan cara:
a. Penerbitan saham dengan nilai pari
b. Penerbitan saham dengan nilai pari
c. penerbitan saham yang dijual atas dasar pesanan
d. Penerbitan saham yang diterbitkan secara lumpsum
e. Penerbitan saham yang diterbitkan dalam transaksi nonkas

Dividen saham merupakan pembagian laba dari perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham sesuai dengan persentase kepemilikannya (besarnya saham yang dimiliki pemegang saham). Misalkan anda memiliki saham 10%, maka disini anda akan mendapatkan bagian 10% dari total dividen yang dibagikan.
Dalam proses pembagiannya ini, dividen tidak hanya dapat dibagian secara tunai saja, tapi juga bisa dibagikan melalui saham, properti, skrip, dan juga likuidasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Jawaban Prodi Akuntansi (Part 1)"

Post a Comment