Manajemen Kepemimpinan

Gaya Kepemimpinan Manajemen

Kepemimpinan adalah orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi dan mengkoordinasikan untuk mengarahkan orang-orang yang dipinpinnya untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan diperoleh bukan hanya melalui pendidikan saja tapi bisa diperoleh karena bakat sejak ia dilahirkan.

Gaya Kepemimpinan

Berikut ini adalah macam-macam gaya kepemimpinan, yaitu :

1. Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
    Kepemimpinan otoriter adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan. 

2. Kepemimpinan Partisipatif 
    Dilakukan dengan cara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan loyalitas, dan partisipasi para bawahan. Partisipasif yaitu pemimpin yang selalu mengambil keputusan sesuai kesepakatan bawahan.

3. Kepemimpinan Delegatif
    Gaya kepemimpinan delegatif dicirikan dengan jarangnya pemimpin memberikan arahan, keputusan diserahkan kepada bawahan dan diharapkan anggota organisasi dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri. Kepemimpinan delegatif adalah sebuah gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh pimpinan kepada bawahannya yang memiliki kemampuan agar dapat menjalankan kegiatannya yang untuk sementara waktu tidak dapat dilakukan oleh pimpinan dengan berbagai sebab.

4. Kepemimpinan Situasional
    Hal ini diadopsi oleh seorang pemimpin sesuai dengan situasi yang berlaku. Inti dari kepemimpinan situasional adalah bahwa gaya kepemimpinan seorang pemimpin akan berbeda-beda, tergantung tingkat kesiapan  para pengikutnya. Seorang pemimpin agar efektif, ia harus mampu menyesuaikan gayanya terhadap tuntutan situasi yang berubah-ubah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Kepemimpinan"

Post a Comment