Pengertian Manajemen dan Manager

Siapa yang membutuhkan Manajemen? ya, semua tipe kegiatan yang diorganisir dan semua tipe organisasi membutuhkan manajemen.
kenapa Manajemen dibutuhkan? Karena jika tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan, untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, Untuk mencapai efisiensi (kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar) dan Efektifitas (kemampuan untuk memilih tujuan/peralatan yang tepat) dan masih banyak lagi.

A. Pengertian Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa prancis kuno “management”, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen dan Manajer

Istilah manajemen mengacu pada proses mengkoordinasi dan mengitregasikan kegiatan/ pekerjaan agar dapat diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain. Dari pengertian sederhana ini paling tidak terdapat 3 hal penting sebagai berikut.
1. Proses, menggambarkan fungsi-fungsi yang berjalan secara terus menerus dan dikerjakan oleh para manajer seperti perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengawasan.
2. Efisiensi, merupakan bagian penting dari manajemen. Efisiensi berarti menghasilkan produksi lebih banyak dengan sejumlah input tertentu atau menghasilkan produksi yang sama dengan jumlah input yang lebih sedikit.
3. Efektivitas. Dalam sebuah organisasi terutama perusahaan, efisiensi saja tidaklah cukup. Untuk itu diperlukan efektifitas. Efektivitas diartikan sebagai melakukan sebuah kegiatan dengan cara cara yang tepat. Dengan demikian suatu kegiatan tidak cukup dilakukan dengan efisien, tetapi juga harus dilakukan secara tepat dan tidak memboroskan sumber daya yang dimiliki.

Pengertian Manajemen menurut Para Ahli
Berikut adalah pengertian manajemen menurut para ahli, yaitu :
a. Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
b. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
c. Lawrence A. Appley berpendapat bahwa pengertian manajemen merupakan keahlian untuk menggerakan orang agar melakukan sesuatu
d. George R. Terry, mengatakan bahwa manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.
e. Koontz and Donnel (1972), Menurut Koontz and Donnel manajemen adalah terlaksananya sebuah pekerjaan, melalui tindakan orang lain (dalam hal ini adalah pekerja atau pegawai).
Management is getting thing done through the efforts of other people”.
f. Millet (1954). Menurut Millet manajemen merupakan sebuah proses memimpin serta melancarkan sebuah kinerja dari orang-orang yang sudah terorganisir secara formal sebagai sebuah kelompok guna memperoleh suatu tujuan yang diinginkan.
g. Kimball and Kimball (1951). Berdasarkan pendapat Kimball and Kimball manajemen terdiri dari keseluruhan fungsi beserta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan, penetapan garis-garis besar serta penyusunan kerangka organisasi hingga pada pemilihan para pejabat teras di dalamnya.

B. Pengertian Manajer
Manajer adalah individu atau orang yang melaksanakan tugas-tugas atau fungsi-fungsi manajemen. Ada juga yang mengartikan manajer sebagai orang yang mempunyai tanggungjawab terhadap bawahannya dan sumber-sumber daya lainnya. Dalam melaksanakan fungsinya tersebut, manajer melakukan berbagai peran yang sangat penting. Menurut Henry Mintzber dalam melaksanakan berbagai fungsinya, manajer melakukan sepuluh peran yang berbeda, tetapi erat kaitannya antara satu peran dengan peran yang lain. Peran-peran tersebut disebut peran Manajerial.
Setiap manajer harus memiliki SDM yang tinggi. SDM itu sangat penting dalam organisasi perusahaan karena jika tidak ada SDM maka barang jadi tidak akan tercipta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajemen dan Manager"

Post a Comment